-->

Selasa, 08 Februari 2011

Sosialisasi Pedoman Akuntansi BPR, BPR TPI Klidang Lor Batang

Batang, 29 Januari 2011 bertempat di Gedung Pertemuan Bappeda Kabupaten Batang, Sosialisasi Pedoman Akuntansi BPR di selenggarakan. Sosialisasi ini dihadiri oleh para Pimpinan Direksi dari PD. BPR BKK TPI Klidang Lor serta dari Dewan Pengawas Oleh Bapak Rasmuji, dan beberapa karyawan dari seluruh cabangnya di Kabupaten Batang yakni cabang Batang Kota, Wonotunggal, Tulis,  Limpung, Gringsing, Bawang, Reban dan Kantor Pusat Operasional (KPO), . Sosialisasi ini mengundang beberapa Akuntan Publik dari Sugeng Pamudji Semarang, dan juga SHE NET Computer selaku Vendor untuk e-Banking System yang digunakan pada PD. BPR BKK TPI Klidang Lor Batang. Sosialisasi ini dibuka oleh Kabag BUMD&BPR Kabupaten Batang Bapak Gagok Prasetyo, dimulai pada waktu 08.30, acara dilanjutkan dengan sosialisasi Pedoman Akuntansi  dari KAP Sugeng Pamudji Semarang oleh Bapak Santo.


Beliau memaparkan dengan detail dari mulai pilar-pilah Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang ada, yakni ada 4 pilar SAK yang digunakan, yang pertama adalah SAK Pemerintahan tahun 2006, SAK Syariah tahun 2008, SAK ETAP tahun 2010 dan SAK Konvergensi IFRS tahun 2012. SAK yang digunakan oleh BPR saat ini adalah mengacu ke SAK ETAP atau Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. Mengapa BPR perlu menggunakan SAK ini karena menurut Bapak Santo BPR tidak berhak memberikan informasi-informasinya kepada kalangan publik, karena BPR bukan merupakan Entitas Publik. Ciri-ciri ETAP ini adalah tidak memiliki akuntabilitas publik yang signifikan, dan menerbitkan laporan keuangan untuk tujuan umum kepada pengguna eksternal, tidak kepada khalayak umum.

KAP Sugeng Pamudji memaparkan banyak sekali penjelasan-penjelasan serta contoh kasus dilapangan secara jelas. Materi sosialisasi ini berakhir pada pukul 12.00. Kemudian dilanjutkan Sosialisasi Program e-Banking System sesuai PA BPR dari SHE NET COMPUTER oleh Bapak Annang Trianggoro. Dari SHE NET Computer memaparkan bagaimana sistem aplikasi itu berjalan, program yang disosialisasikan disini adalah program Accounting, dimana dikupas materi yang lebih mendalam tentang Accounting yang sesuai dengan PA BPR.


Bapak Annang memberikan banyak penjelasan tentang Pendapatan Yang Akan Diterima (PYAD), Provisi,  Beban Bunga Deposito, dari mana perhitungan tersebut diperoleh, sehingga menjadikan suatu pemahaman diantara vendor dan juga pengguna. Kegiatan terakhir dari rangkaian acara ini adalah evaluasi hasil audit dari KAP Sugeng Pamudji Semarang Oleh Bapak Sigit.
 

0 komentar:

Posting Komentar